MEMAKNAI
TONGGO-TONGGO,
GONDANG, TOR-TOR DAN ULOS SEBAGAI DOA DALAM TERMINOLOGI KEBUDAYAAN BATAK TOBA
Deskripsi:
Dalam kebudayaan Batak Toba
tonggo-tonggo, gondang, tor-tor dan ulos merupakan elemen fundamen dalam nilai
hidup spiritual masyaraat Batak Toba itu sendiri. Keempatnya selalu ada dalam
nilai-nilai kehidupan kemasyarakatan Batak Toba.
Namun dalam pembahasan kali ini kita
bukan mau membahas satu persatu makna dan penjabaran yang saling terpisah untuk
mencari pemahaman tunggal dari masing-masing elemen tersebut. Kita mencoba
memahami arti, makna, nilai filosopis dan esensi terdalam yang terkandung di
dalam keempat elemen ini. Selain itu kita mencoba melihat keterikatan yang
membentuk keterkaitan makna yang saling
membangun dan menghidupkan nilai baru dari spiritual masyarakat Batak Toba.
Keempat elemen ini merupakan suatu
bentuk kesalingterkaitan antara yang satu dengan yang lain sehingga membangun
suatu tangga transformasi nilai kemanusiaan diangkat kepada nilai spiritual dan
ilahi. Dalam penjabaran ini kita mencoba melihat makna yang terdalam dari
setiap elemen dan bagaimana setiap elemen saling memiliki hubungan yang
membangun sehingga membentuk suatu nilai spiritual manusia batak, yang
mengarahkan dirinya dari kemanusiaannya sampai kepada keadaan bersehadap dengan
Debata Mulajadi Nabolon (Allah)
Pandangan Kosmologi Batak
Kosmologi
batak dibagi menjadi 3 bagian yakni: Dunia atas (Banua Ginjang), Dunia tengah
(Banua Tongah) dan Dunia bawah
(Banua Toru).
Di bawah ini akan dideskripsikan apa
itu ke 3 kosmologi batak dan siapa yang bermukim di
dalamnya dan apa tugas mereka.
Dunia Atas (Banua Gingjang)
Dunia atas berada di langit
ke-7,didiami oleh Debata Mulajadi Nabolon yang adalah
Tuhannya orang batak. Diyakini
memiliki sifat yang Imanen dan Transenden.
Dia
Transenden karena pribadinya yang
kekal (Ompung). Dia Imanen dilihat dari berbagai
pengalaman hidup yang tercermin
dalam kekudusan.
Di dunia atas tinggal juga Debata
yang tiga yakni : Batara guru, Batara Soripada dan
Mangala Bulan.
Batara Guru => Sebuah refleksi
dan personafikasi dari pembuat penciptanya (Debata Mulajadi Nabolon) yang
ditugaskan untuk menemukan adat dan menanyakan hukum.
Batara Soripada=>Sebuah refleksi
dan personafikasi dari Mulajadi na bolon yang ditugaskan
untuk menjamin kebutuhan orang batak
dan dan melindungi segenap ciptaan dari bahaya.
Mangalabulan=>Sebuah refleksi dan
personafikasi dari mulajadi na bolon yang ditugaskan
untuk memberi rakyat panjang umur, kekayaan.
Tetapi acapkali ia menjadi sumber peperangan
dan permusuhan.ia menjadi simbol
pengadilan dari Mulajadi Nabolon.
Ada juga penghuni dunia atas yakni
Debata Asiasi ( Dewa Berbelaskasih). Tak
hanya itu ada juga penghuni dunia
atas yang menjadi pesuruh Debata Mulajadi Nabolon yakni si
Raja Idarati yang berbentuk burung
layang-layang yang ditugaskan untuk menyampaikan
pesan kepada Debata Mulajadi Nabolon.
Dunia Tengah (Banua Tongah)
Duniatengah diciptakan oleh Debata Mulajadi Nabolon dengan pertolongan si
Boru Daek
Parujar. Dunia tengah menjadi tempat
bermukimnya orang batak atau yang dekenal dengan
bumi. Orang batak pertama di dunia
tengah berasal dari perkawanin Si Boru Daek parujar
dengan raja Odapodap. Dari
perkawinan itu lahirlah orang batak pertama yakni raja
Ihatmanisia dan Boru Itammanisia.
Masih ada lagi penghuni lain yang
bermukim di dunia tengah yakni Si Baso Nabolon/Si Loan na Bolon. Si Loan Nabolon
adalah nenek moyang yang hidup bersama manusia.
Dunia Bawah (Banua Toru)
Dunia bawah adalah dunia paling bawah
dan yang terakhir, tempat para setan-setan
dan Naga Padoha, mereka ini adalah
personafikasi dari kekuatan jahat. Ada juga
penghuni yang lain yakni: seekor
kura-kura yang ditugaskan membawa bumi di
punggungnya. Tetapi di pihak lain
dunia bawah menjadi penyeimbang dengan Debata Mulajadi
Nabolon,karena keberadaannya kekal.
Demikianlah gambaran kosmologi Batak
Toba yang memiliki sarat makda dalam budaya, adat dan kehidupan sehari hari.
Sekarang kita mencoba melihat arti
sekilas tentang masing-masing elemen yang akan kita bicarakan, sebelum kita
menarik benang merah untuk memaknai keempat elemen ini dalam tatanan budaya
Batak Toba.
Tonggo-Tonggo
Tonggo-tonggo adalah litani penyebutan
keberadaan Debata, para penguasa Banua dan segala hal ikwal kehadiran dan karya
ilahi darai Debata dan kekuatan magis kosmologi yang dihadirkan dalam doa yang
tersruktur dalam susunannya dan dapat dikatakan selalu baku dalam penyebutannya
mulai dari awal hingga akhir. Tonggo-tonggo merupakan doa sakral yang
dipanjatkan kepada Debata. Yang mana dalam kepercayaan dan pemahaman Batak Toba
tonggo disampaikan oleh pemimpin doa (Datu Partonggo), yang mengambil peran
penyampai doa dan meminta agar doa-doa yang ia panjatkan kiranya dibawa sampai
ke Banua Atas, ke hadapan Debata Mulajadi Nabolon (Allah).
Salah satu contoh tonggo-tonggo:
Ale Ompung Mulajadi Nabolon,
sitompa hasiangan, sigomgom parluhutan,
silehon aek na tio, asa tangkas na di banua.
Ho do na jumadihon hau umbahen na ginjang,
na tumompa dolok umbahen na timbo.
sitompa hasiangan, sigomgom parluhutan,
silehon aek na tio, asa tangkas na di banua.
Ho do na jumadihon hau umbahen na ginjang,
na tumompa dolok umbahen na timbo.
Pangalapis do ho sian toru,
pardingding sian lambung,
panaongi sian ginjang.
Ho do haroroan ni sangap,
ho do haroroan ni badia,
parsangapi ma hami, parbadiai.
Ho do haroroan ni hagaben dohot hamoraon,
tantan hami laho gabe,
tatea hami laho mamora.
pardingding sian lambung,
panaongi sian ginjang.
Ho do haroroan ni sangap,
ho do haroroan ni badia,
parsangapi ma hami, parbadiai.
Ho do haroroan ni hagaben dohot hamoraon,
tantan hami laho gabe,
tatea hami laho mamora.
Hutonggo hami ma ho, Ompung
Mulajadi,
ndang tumonggo mangan, ndang tumonggo minum,
tumonggo panggabean do,
tumonggo parhorason.
Adong pinsang ni mata, adong humor ni roha,
Hurang gabe hami, hurang mora,
hurang do hami di habisuhon,
hurang di pangkataion,
tuturi ma hami, tungkoli, ajari jala bohali.
ndang tumonggo mangan, ndang tumonggo minum,
tumonggo panggabean do,
tumonggo parhorason.
Adong pinsang ni mata, adong humor ni roha,
Hurang gabe hami, hurang mora,
hurang do hami di habisuhon,
hurang di pangkataion,
tuturi ma hami, tungkoli, ajari jala bohali.
Baha ni ompunami do baha raja,
paisoranghon ma di hami harajaon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompu nami do baha na begu,
paisoranghon ma di hami habeguon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompu nami do baha datu,
paisoranghon ma di hami hadatuon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompunami do baha pande tungkang,
pangimbalo pande suhul, pangarapat pande sarung,
pangarompu pande harpe.
Sorang ma i bahen di hami, pomparan ni anak dohot pomparan ni boru.
paisoranghon ma di hami harajaon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompu nami do baha na begu,
paisoranghon ma di hami habeguon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompu nami do baha datu,
paisoranghon ma di hami hadatuon, tamba ni naung adong.
Baha ni ompunami do baha pande tungkang,
pangimbalo pande suhul, pangarapat pande sarung,
pangarompu pande harpe.
Sorang ma i bahen di hami, pomparan ni anak dohot pomparan ni boru.
Porda marungrung mulak ma tu
songkirna,
horbo manurun mulak ma tu barana.
Sinok ma ogung di sangkena,
hot ma pinggan di rangkena.
Unang munsat talitali sian simanjujung,
unang mumpat tanduk sian ulu ni horbo.
Pahot ma i di hami.
horbo manurun mulak ma tu barana.
Sinok ma ogung di sangkena,
hot ma pinggan di rangkena.
Unang munsat talitali sian simanjujung,
unang mumpat tanduk sian ulu ni horbo.
Pahot ma i di hami.
Ompung Mulajadi Na Bolon,
na mian di ginjang ni ginjang,
di langit ni langit, di ombun ni ombun,
di ombun na pitu tindi, di langit na pitu lapis.
Ho do haroro ni hasongtion, haroro ni sahala,
patektekhon di hami hasongtionmi, parsahalai ma hami.
na mian di ginjang ni ginjang,
di langit ni langit, di ombun ni ombun,
di ombun na pitu tindi, di langit na pitu lapis.
Ho do haroro ni hasongtion, haroro ni sahala,
patektekhon di hami hasongtionmi, parsahalai ma hami.
Diparsahalai ho do ompunami na
parjolo i,
ompunami Raja Isumbaon, ompunami Tuan Sorimangaraja,
Sahat rodi ompunami raja i, Singamangaraja,
singa ni adat, singa ni uhum,
singa na so mangalompoi, singa na so halompoan.
Asa manuturi huhut manotari,
di bangso Batak na tinompami.
ompunami Raja Isumbaon, ompunami Tuan Sorimangaraja,
Sahat rodi ompunami raja i, Singamangaraja,
singa ni adat, singa ni uhum,
singa na so mangalompoi, singa na so halompoan.
Asa manuturi huhut manotari,
di bangso Batak na tinompami.
Susunan penyampaian tonggo-tonggo
bisa dikatakan hampir baku dan terstruktur. Tonggo yang di panjatkan di
sesuaikan dengan keadaan ritual apa yang sedang dilaksanakan. Namun harus
disadari dengan benar, tonggo-tonggo diarahkan hanya kepada Debata dan
berisikan pujian dan permohonan yang terarah kepada Debata
Gondang
Menurut tradisi Batak, gondang dapat
diartikan sebagai seperangkat alat musik, ansambel musik, sekaligus komposisi
lagu. Umumnya dimainkan untuk mengiringi tari manortor.
Ada dua jenis gondang, yang terbagi
berdasarkan ansambelnya, yaitu gondang sabangunan, biasanya dimainkan di
halaman rumah; dan gondang hasapi, biasanya dimainkan dalam rumah. Nada
yang dipakai dalam dua musik gondang itu tak berbeda.
Gondang sabangunan terdiri dari sarune bolon (alat musik tiup), taganing
(5 kendang yang punya peran melodis), gordang (kendang besar penentu
ritme), 3-4 gong yang disebut ogung (pembentuk ritme konstan), dan hesek
(perkusi, biasanya kayu atau botol yang dipukul). Gondang hasapi terdiri
dari hasapi ende (sejenis gitar kecil 2 senar), garantung
(gambang kayu), sulim (suling bambu berselaput kertas getar), sarune
etek (sejenis klarinet), dan hesek.
Salah
satu komponen penting, dalam setiap upacara budaya Batak Toba adalah
membunyikan gondang. Gondang ini wajib dibunyikan pada acara keagamaan
berlangsung. (hal 313 pada buku agama malim di tanah Batak karya Ibrahim Gultom)
Membunyikan gendang dalam upacara
agama bukan hanya sekedar pelengkap saja. melainkan berfungsi sebagai perantara
sekaligus menyuarakan hati seseorang selama upacara itu berlangsung. Penain
gondang lebih tepatnya disebut Batara Guru Humundul (mereka adalah transformasi
dari Debata Batara Guru yang menyampaikan segala tonggo/doa kepada Debata
Mulajadi Nabolon).
Fungsi
gondang dalam upacara agama bukanlah hanya sekedar memukul gendang yang
menghasilkan bunyi-bunyian yang merdu, melainkan memiliki lebih dari itu,
yakni, menyampaikan alu-alu (pengaduan) dan manurirang (menyuarakan)
apa yang ada dalam hati peserta upacara. Oleh karena itu bunyi gondang akan
selalu disesuaikan dengan keadaan atau situasi upacara. Maka gondang dianggap
sebagai doa (pengungkapan perasaan atau panyampaian permohonan) kepada Debata
Mulajadi Nabolon. Itu sebabnya gondang selalu ambil peranan penting dalam upacara
keagamaan dalam budaya Batak Toba.
Tor-tor
Tortor adalah tarian seremonial
yang disajikan dengan musik gondang. Secara fisik tortor merupakan tarian,
namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tortor adalah sebuah
media komunikasi, di mana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi
antara partisipan upacara.
Tortor dan musik gondang ibarat
koin yang tidak bisa dipisahkan. Sebelum acara dilakukan terbuka terlebih
dahulu tuan rumah (Hasuhutan) melakukan acara khusus yang dinamakan Tua
ni Gondang, sehingga berkat dari gondang sabangunan.
Tarian
budaya Batak Toba, yang dilaksanakan dalam acara adat dan ritual. Orang boleh
manortor jika gondang sudah dipalu.
Secara garis besar, terdapat empat
gerakan dalam tortor. Pertama adalah Pangurdot, gerakan yang dilakukan kaki,
tumit sampai bahu. Kedua adalah Pangeal, merupakan gerakan yang dilakukan
pinggang, tulang punggung sampai bahu/sasap. Ketiga adalah Pandenggal, yakni
gerakan tangan, telapak tangan dan jari-jarinya. Gerakan keempat adalah
Siangkupna yakni menggerakan bagian leher.
Ulos
Ulos adalah sesenis kain tenun Batak
yang di tenun dari benang yang dihasilkan dari kapas dan diberi warna alami
sesuai dengan tujuan ulos dibuat sampai membentuk suatu kain yang akan di
fungsikan dalam acara adat dan kehidupan sehari-hari. Ulos bukan hanya sekedar
kain tenun biasa yang dihasilkan sebagai kain namun ulos memiliki nilai sebagai
mediator untuk memberikan berkat (jika ulos di serahkan/diulosson kepada orang lain). Namun ulos juga sebagai kain/pakaian
sacral yang dipakai saat acara adat atau manortor. Ulos mengambil peran sebagai
penyelimut badani manusiawi untuk memasuki acara spiritual.
“mangulosi” artinya memberi ulos. Sebuah umpasa batak berbunyi
demikian : ijuk pangihut ni hodong, ulos
pangihut ni holong. Yang artinya ijuk
pengikat pelepah dan ulos
pengikat kasih sayang.
Dalam
adat istiadat suku bangsa Batak khususnya batak toba ada istilah “mangulosi”
yang artinya ialah memberi ulos kepada seseorang dan yang diberi ulos tidak
boleh yang berada di atas kita. Pemberian ulos tentu ada maknanya yaitu :
Darah, Napas, dan Panas.mengenai arti darah dan napas, sejak dahulu orang batak
memiliki keyakainan bahwa itu adalah pembarian dari Tuhan yang “gratis” dan tak
butuh perjuangan untuk memperolehnya. Tetapi panas, menurut orang batak, panas
yang dari matahari saja tidaklah cukup. Hal itu karena orang batak pada zaman
dulu hidup di dataran tinggi dan terkesan dingin sehingga membutuhkan sesuatu
untuk memanaskannya. Dan menurut pemikiran orang batak sumber panas ada tiga,
yaitu :matahari, api, dan “ulos”.
Kerangka Pemikiran Pembentuk Struktur
Nilai-Nilai Spiritual
Dalam pemahaman yang baik kita akan
mengingat patron pemahaman yang menghubungkan keempat elemen tersebut yakni;
“Gondang akan dipalu ketika Datu Partonggo Mengatakan “Alu-aluhon hamu ma
tonggo nami on, ale Batara Humundul tu Debata Mulajadi Nabolon… (sampaikan
kalianlah dao-doa kami ini, hai Batara Humundul kepada Debata Mulajadi Nabolon…)
tanda sebagai penyeruan agar doa-doa disampaikan lewat gondang yang dipalu,
untuk menhantarkan semua tonggo-tonggo itu kehadapan Debata Mulajadi Nabolon.
Ketika gondang dipalu, maka manusia dalam gerak tubuhnya yang adalah tanda
kepenuhan dirinya sebagai manusiawi menghadap Debata, dalam menyampaikan
tonggo-tonggonya diikutsertakannya gerak tubuhnya sebagai bentuk kepenuhan dan
keutuhan manusiawinya masuk kedalam suatu ritual spiritual yang mengarahkan dan
menaikan dirinya sampai kepada transfigurasi menghadap Debata membawa
tonggo-tonggonya dan juga dirinya ke hadapan Debata.
Demikianlah acara ritual dalam
penyampaian tonggo, pemaluan gondang dan manortor yang adalah keadaan sakral
dan hening, di mana manusia yang dalam kemanusiawiannya di hadapkan pada
perubahan pemasukan suatu ruang dimensi kesakralan dan rohani, manusia
membutuhkan kelayakan dalam dirinya sebagai tanda kesiapan dan kelayakan dalam
acara sakral ini yakni mengenakan ulos. Ulos sebagai pakaian sakral dan suci,
yang dipakai seorang manusia yang menghadap kepada Debata menyampaikan
tonggo-tonggo dan dirinya dalam gerak tubuh dan alunan musiak yang sakral.”
Makna Dalam Arti Yang Sebenarnya
Maka
dalam arti yang sebenarnya:
1.
Tonggo-tonggo
adalah doa yang dipanjatkan kepada Debata Mulajadi Nabolon
2.
Gondang
adalah alat music sebagai mediator penyampai tonggo-tonggo kepada Debata
Mulajadi Nabolon
3.
Tor-tor
adalah tarian/gerak tubuh yang karana alunan gondang tercerapkan untuk begerak
dalam gerak yang santun untuk menyembah kepada Debata Mulajadi Nabolondyang
mencari pencitraan dari tonggo-tonggo yang disampaikan.
4.
Ulos
adalah kain yang dibalutkan pada tubuh sebagai bentuk kesediaan/ kesiapan dan
kelayakan dirinya memasuki suatu acara sakral dan spiritual. Dimana diri
kemanusiawiannya akan ambil bagian dalam upacara suci untuk menyampaikan
tonggo-tonggo kepada Debata.
Nilai-Nilai Teologi Tradisional
Nilai-nilai teologis yang hadir dalam
keempat elemen ini adalah keempatnya diarahkan pada satu tujuan yakni Debata
Mulajadi Nabolon (Allah) dan keempatnya adalah” Doa”. Doa yang dalam artu lebih
dalam lagi yakni keempat elemen ini saling berdiri dan membangun menjadi satu
kesatuan yang takboleh terpiusahkan yang mengangkat tonggo-tonggo ke hadapan
Debata Mulajadi Nabolon yang dalamnya terkandung nilai kemanusiawian
diikutsertakan sepenuhnya dan diangkat pada suatu acara dimensi spiritual
terdalam yakni menghadap Debata yang adalah suatu Daya Kuasa Ilahi Yang Teramat
Agung
Kesimpulan
Maka dari itu kita dapat simpulkan bahwa
ketika orang batak melakukan suatu acara ritual kebudayaan yang sakral, mereka
memakai segala atribut dan kelengkapan yang penuh dalam upacara sakral tersebut
dalam tonggo-tonggo, dalam gondang, dalam tor-tor dan dalam ulos terasukilah
suatu roh yang saling mengait dan saling menghidupi yakni DOA YANG DIARAHKAN
KEPADA DEBATA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar