Sabtu, 17 November 2018

PSIKOLOGI: BAHASA



 BAHASA

Arti Bahasa
Bahasa adalah bentuk komunikasi antara dua atau lebih personal  dalam bentuk, verbal atau non verbal serta dalam rupa symbol atau tanda-tanda yang mengacu kepada komunikasi tersebut. Dalam hal ini bahasa  memberikan 5 (lima) aturan kebahasaan, yakni: fonoligi (Sistem suara bahasa), morfologi (Kombinasi morfem), Sintaksis ( kombinasi kata pembentuk frasa dan kalimat), Semantik (Makna dari kata atau kalimat), Pragmatis (Percakapan yang tepat).

Pengaruh Biologis dan Lingkungan
Manusia lahir sebagai mahluk yang memiliki kapasitas biologis untuk berbicara (berbeda dengan binatang/hewan lainnya). Dari kapasitas inilah manusia sejak kecil sudah mulai menunjukan kemampuan untuk berbahasa dengan bertahap sesuai dengan kesiapan  dan kematangan biologisnya. Kematangan anak bertahap setiap waktunya. Ini mau menunjukan perkembangan bahasa dengan mulai mencontoh/ mengikuti apa yang dicontohkan /diajari oleh orang tua atau para pengasuh lainnya. Demikianpun juga bahwa lingkungan memiliki pengaruh pada perkembangan berbahasa anak.  Oleh karena itu pentinglah factor biologis dan lingkungan dalam perkembangan berbahasa anak. Dalam hal ini harus disadari oleh orang tua atau pendamping bahwa yang paling utama dalam perkembangan berbahasa anak bukan pada pemberian penghargaan pada anak karena perkembangan berbahasanya namun yang paling penting adalah bagaimana anak tersebut sering diikutsertakan dalam percakapan. Lingkungan yang baik akan membentuk tatanan bahasa anak yang baik pula, dan demikian sebaliknya. Namun harus disadaribahwa proses yang terjadi dalam diri anak lebih besar pengaruhnya  ketimbang pengajaran bahasa dari lingkungan.

Bagaimana Bahasa Berkembang
Dalam perkembangan berbahasa anak kita coba membuat pembagian yang mempermudah kita merunut tahap-tahap perkembangan berbahasa/berbicara anak, yakni:
1.      Usia 3-6 bulan      : celotehan                              : bahasa dalam bunyi yang tidak  teratur.
2.      Usia 10-13 bulan  : mengucapkan kata pertama  : mama, papa, kakak, makan, dll.
3.      Usia 24 bulan        : memadukan dua kata           : itu buku, mama datang, cium papa, dll.
4.      Usia 3 tahun         : mulai mampu berbicara tentang sesuatu yang tidak hadir secara fisik
5.      Usia 6 tahun         : bertambah kosa kata             :8.000-14.000 kosa kata.
6.      Usia anak-anak     : aturan bahasa mulai tampak
1.      Fonolog (sistim suara)     
2.      Morfologi (kombinasi kata)
3.      Sintaksis (membuat kalimat)
4.      Semantik (sistim makna)
5.      Pragmatis (Aturan penggunaan kalimat)
Inilah tahap-tahap perkembangan berbahasa/berbisara anak. Perkembangan inilah memberikan dasar bagi perkembangan selanjutnya pada masa sekolah dasar. Dalamm sekolah dasar, anak-anak akan semakin diolah untuk mampu berbicara, membaca dan menulis, termasuk penggunaan “displacement” (mempelajari arti satu kata, dan bagaimana menata dan berbicara tentang suara, belajar tentang huruf yang merepresentasikan suara menjadi huruf kekata dan sampai menjadi kalimat yang baik dan benar).      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar