BAHASA
Arti
Bahasa
Bahasa adalah bentuk komunikasi antara dua atau lebih
personal dalam bentuk, verbal atau non
verbal serta dalam rupa symbol atau tanda-tanda yang mengacu kepada komunikasi
tersebut. Dalam hal ini bahasa memberikan 5 (lima) aturan kebahasaan, yakni:
fonoligi (Sistem suara bahasa), morfologi (Kombinasi morfem), Sintaksis (
kombinasi kata pembentuk frasa dan kalimat), Semantik (Makna dari kata atau
kalimat), Pragmatis (Percakapan yang tepat).
Pengaruh
Biologis dan Lingkungan
Manusia lahir sebagai mahluk yang memiliki kapasitas
biologis untuk berbicara (berbeda dengan binatang/hewan lainnya). Dari
kapasitas inilah manusia sejak kecil sudah mulai menunjukan kemampuan untuk
berbahasa dengan bertahap sesuai dengan kesiapan dan kematangan biologisnya. Kematangan anak
bertahap setiap waktunya. Ini mau menunjukan perkembangan bahasa dengan mulai
mencontoh/ mengikuti apa yang dicontohkan /diajari oleh orang tua atau para
pengasuh lainnya. Demikianpun juga bahwa lingkungan memiliki pengaruh pada
perkembangan berbahasa anak. Oleh karena
itu pentinglah factor biologis dan lingkungan dalam perkembangan berbahasa
anak. Dalam hal ini harus disadari oleh orang tua atau pendamping bahwa yang
paling utama dalam perkembangan berbahasa anak bukan pada pemberian penghargaan
pada anak karena perkembangan berbahasanya namun yang paling penting adalah
bagaimana anak tersebut sering diikutsertakan dalam percakapan. Lingkungan yang
baik akan membentuk tatanan bahasa anak yang baik pula, dan demikian sebaliknya.
Namun harus disadaribahwa proses yang terjadi dalam diri anak lebih besar
pengaruhnya ketimbang pengajaran bahasa
dari lingkungan.
Bagaimana
Bahasa Berkembang
Dalam perkembangan berbahasa anak kita coba membuat
pembagian yang mempermudah kita merunut tahap-tahap perkembangan
berbahasa/berbicara anak, yakni:
1. Usia
3-6 bulan : celotehan : bahasa dalam
bunyi yang tidak teratur.
2. Usia
10-13 bulan : mengucapkan kata pertama : mama, papa, kakak, makan, dll.
3. Usia
24 bulan : memadukan dua kata : itu buku, mama datang, cium papa,
dll.
4. Usia
3 tahun : mulai mampu berbicara
tentang sesuatu yang tidak hadir secara fisik
5. Usia
6 tahun : bertambah kosa kata :8.000-14.000 kosa kata.
6. Usia
anak-anak : aturan bahasa mulai tampak
1. Fonolog
(sistim suara)
2. Morfologi
(kombinasi kata)
3. Sintaksis
(membuat kalimat)
4. Semantik
(sistim makna)
5. Pragmatis
(Aturan penggunaan kalimat)
Inilah tahap-tahap perkembangan berbahasa/berbisara
anak. Perkembangan inilah memberikan dasar bagi perkembangan selanjutnya pada
masa sekolah dasar. Dalamm sekolah dasar, anak-anak akan semakin diolah untuk
mampu berbicara, membaca dan menulis, termasuk penggunaan “displacement”
(mempelajari arti satu kata, dan bagaimana menata dan berbicara tentang suara,
belajar tentang huruf yang merepresentasikan suara menjadi huruf kekata dan
sampai menjadi kalimat yang baik dan benar).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar