Rabu, 21 November 2018

PUISI: MAMA



Mama

43 tahun sudah umurmu
Ingatlah tujuh belas tahun lalu
Kau dalam keadaan hamil
Kau membawaku selalu
            Kau tak merasa malu membawaku
Aku yang selalu menyusahkanmu
Setiba itu sembilan bulan lamanya kau merawatku
Kau jauhi aku dari panas dingin
Kau berhati-hati bila-bila cakaran pilu mengenaiku
            Genaplah sudah sembilan bulan
Kau bawa aku kepada dinas kehidupan
Tepat pukul sebelas malam
Bulan kan berganti matahari
Kau bergulat dengan maut
Kau mempertaruhkan nyawamu demi aku
Kau bagai telur di ujung tanduk
Demi mempertahankan hidupku
Kau menguras habis tenagamu
Jeritan sangkala yang mengoyah angkasa
Cucuran keringat yang dapat di peras
            Tapi kini setelah besar
             Kadang air susu kubalas dengan tuban
Keringatmu kubalas dengan perlawanan
Tapi kau tetap tenang mengarahkanku
Beribu garis malu diwajahmu
Sebegitulah aku membuatmu suntuk
Aku selalu kelu


                                                                           Wingpy, November 2001
Siantar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar